Nabi Muhammad SAW,Suri Untuk Kita

Satu nama ini akan banyak memberi inspirasi kehidupan bagi manusia, terutama umat muslim. Beliau adalah Nabi Besar Muhammad SAW yang memberi suri tauladan baik bagi umatnya dalam segala sisi kehidupan. Dalam perjalanan hidupnya yang penuh liku dan ancaman dari orang-orang yang menentangnya, beliau tetap teguh pada prinsip yang dipegangnya.

Banyak yang bisa kita ambil dan kita contoh dari Nabi Muhammad SAW, yang diantaranya,

 

1. Sebagai Pemimpin

Pemimpin adalah amanah dan pelayan bagi rakyatnya. Beliau tidak pernah menonjolkan kekuasaan demi keuntungan pribadi maupun golongannya. Rendah hati dan tidak mau diperlakukan istimewa oleh pengikutnya menjadi ciri pribadinya yang luhur.

Beliau adalah pemimpin yang sederhana. Tegas dalam bersikap hingga dihormati oleh pengikut-pengikutnya. Itulah yang membuatnya istimewa di depan pengikut maupun sahabat-sahabatnya. Yang pasti, beliau merupakan pemimpin yang melayani pengikutnya kapan saja dan di mana saja.

 

2. Sebagai Pedagang atau Pengusaha

Beliau mengawali karier berdagangnya dari nol, yaitu dari membantu pamannya ikut berdagang. Dari pembelajaran ilmu selama membantu pamannya, dia berhasil menjadi pedagang yang sukses dengan memegang prinsip kejujurannya dalam berdagang.

Saat dia berlimpah harta, tidak sedikit pun mengurangi kedermawan dan sikap peduli terhadap sesama. Beliau sosok tokoh inspiratif bagi Anda yang mendalami dunia bisnis. Kejujuran adalah modal utama untuk pedagang. Beliau selalu menyisihkan keuntungan bisnisnya untuk disedekahkan kepada fakir miskin.

 

3. Sebagai Guru

Guru adalah sesorang yang mengajarkan ilmunya kepada orang lain dengan ikhlas. Beliau selalu konsisten menjaga apa yang diucapkan dan melakukannya dengan baik. Mungkin istilah sekarangnya gak ngomong doang.

Bahkan, beliau selalu mendorong para pengikutnya untuk selalu belajar kapan saja. Salah satu sabda Rasullulah untuk pengikutnya adalah belajarlah sampai ke negeri Cina. Ini merupakan bukti bahwa Rasullulah juga mementingkan pendidikan bagi umatnya.

 

4. Sebagai Kepala Keluarga

Beliau selalu bersikap adil dan menyayangi keluarganya. Menjaga keluarganya dalam akhlak yang baik. Bijak dalam menghadapi segala situasi sehingga tercipta keluarga yang harmonis. Sosok tokoh inspiratif bagi umat yang akan mengarungi bahtera rumah tangga.

 

Selain alasan tersebut, masih banyak alasan lain mengapa Rasullulah SAW menjadi tokoh inspiratif bagi kita.Tokoh inspiratif selalu memiliki ruang tersendiri dalam benak kita karena ada sebagian inspirasi itu telah menyatu dalam diri kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s