Manfaat Manfaat dari buah Lemon

          Ternyata banyak manfaat dari buah melon dari buah hingga kulitnya sangat bermanfaat. Jangan remehkan kulit lemon lho, padahal banyak manfaat dari kulit lemon nih. Lemon dengan harum yang khas sudah terkenal khasiatnya, mulai dari pengusir nyamuk sampe pembawa mood yang baik. Makanya banyak produk produk yang memakai rasa lemon untuk mendatangkan mood di produknya tersebut. Tapi kita biasanya membuang kulitnya secara percuma, padahal banyak lho manfaatnya. Nah mari kita bahas manfaat dari kulit lemon, bukan melon lho,hehehehe.

  • Menurunkan Kolesterol

Mengkonsumsi kulit melon bisa menurunkan kolesterol lho. Karena kulitnya mengandung kalium yang membantu mempertahankan tekanan darah. Vitamin C nya jugamembantu mmembersihkan pembuluh darah.

  • Melawan Kanker

Kulit lemon mengandung komponen yang namanya agak ribet, salvestrol q40 yang berguna untuk melawan sel sel kanker yang tumbuh ditubuh, selain itu juga ada flavonoid yang efektif membatasi perkembangan sel kanker.

  • Meningkatkan kesehatan tulang

Tenyata kulit lemon mengandung kalsium juga lho yang membantu pencegahan berbagai gangguan tulang seperti ostheoporosis, rematik, patah tulang dan sebagainya.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Karena kulit lemon yang mengandung vitamin C yang terkenal akan menjaga kekebalan tubuh maka kulit lemon juga terkenal akan hal itu.

  • Menjaga kesehatan dan kebersihan mulut

Jika kita kekurangan vitamin C kita akan mudah terkena bebrbagai gangguan pada mulut seperti gusi berdarah, radang gusi dan bahkan bau mulut. Karena asam sitrat yang dapat mencegah masalah gigi dan gusi.

  • Menetralisir radikal bebas

Vitamin C juga dikenal sebagai penetralisir radikal bebas, dan kulit lemon mengandung banyak vitamin C.

  • Kulit lemon menjaga keremajaan kulit

Kulit lemon juga membantu mengatasi pigmentasi, keriput, bintik gelap, jerawat dan semacamnya, karena kulit lemon mengandung asam sitrat dan vitamin C yang dapat membantu membersihkan pembuluh darah dalam tubuh dan menghilang semua kotoran pada sel kulit.

  • Menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme

Kulit lemon terdiri dari komponen yang dikenal sebagai pektin, yang membantu dalam penurunan berat badan. Pektin sebenarnya memiliki sifat yang bisa mengubah ke dalam bentuk jelly, sehingga mencegah tubuh  untuk menyerap terlalu banyak gula, yang akhirnya membantu menjaga berat badan.

  • Penghilang Minyak
Coba lihat sekeliling dan amati, apa saja yang tampak berminyak di sekitar dapur Anda? Apakah itu wajan, pinggiran kompor atau meja dapur? Sebelum membersihkannya dengan air, sabun dan kain, gunakan lemon untuk mengusir noda minyaknya. Taburkan sejumput garam ke dalam perasan setengah buah lemon dan gosokkan ke area berminyak, lalu basuh dengan kain.
Catatan: hati-hati menggunakan lemon di atas permukaan marmer atau bahan lain yang sensitif terhadap asam.
  • Membersihkan bekas teh dan kopi
Caranya mudah, isi teko dengan air, tambahkan segenggam potongan kulit lemon dan didihkan. Matikan kompor dan diamkan hingga 1 jam. Buang air dan bilas bagian dalam teko. Untuk teko kopi, tambahkan es, garam dan kulit lemon ke dalam teko, kocok 1-2 menit, buang baru bilas.
  • Membersihkan Microwave
Pembersih microwave alami adalah kulit lemon salah satunya. Kulit lemon dapat membersihkan kotoran yang melekat dalam oven. Caranya? Masukkan kulit lemon ke dalam mangkuk microwave. Isi setengah bagian mangkuk dengan air, lalu masak dalam suhu tinggi selama 5 menit. Biarkan didihan air kulit lemon mengembun pada ruang bagian dalam microwave dan setelah mangkuk dikeluarkan, Anda tinggal membasuhnya saja.
  • Penghilang Bau
Kulit lemon bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau di area sekitar pembuangan sampah di dapur. Tinggal tempatkan kulit lemon ditempat sampah, alias buang aja, hehehehe…
  • Menggosok bahan khrom
Timbunan mineral dalam keran air atau barang lain yang terbuat dari bahan khrom bisa diperhalus dengan menggosokkan setengah bagian lemon. Setelah selesai, bilas dan keringkan dengan kain.
  • Bubuk Ekstrak Melon
Dari mana asalnya bubuk ekstrak lemon jika bukan dari bagian lemon itu sendiri? Cincang kulit lemon, pastikan Anda sudah membuang sari putihnya (biasanya pahit), dan keringkan dengan meletakkannya di atas piring selama 3-4 hari. Masukkan ke dalam blender dan hancurkan hingga berbentuk serbuk. Lagi-lagi ekstrak satu ini bisa menyedapkan makanan.
  • Gula Lemon
Caranya sama dengan membuat ekstrak lemon di atas. Anda hanya tinggal menambahkan gula saja dan simpan campuran ke dalam toples. Gula dalam sekejap memiliki rasa lemon.
  • Merica Lemon
Tak jauh beda dari gula lemon, merica Anda pun bisa berasa lemon jika Anda mencampurkan ekstraknya dengan merica. Coba saja!
  • Hiasan Hidangan
Kulit lemon yang dipotong panjang bisa dibentuk menjadi spiral, bunga, atau bentuk lain untuk menghiasi makanan dan minuman.
  • Penambah Rasa
Entah kulit lemon segar, kering, hingga yang dibekukan sekalipun, semuanya bisa menyedapkan olahan makanan, secara alami lagi. Anda bisa menambahkan cincangan kulit lemon ke dalam salad, ikan, hingga sajian roti.
  • Melunakan Gula Merah
Tak hanya potongan apel saja yang bisa melunakkan gula merah, namun kulit lemon juga. Hanya pastikan untuk membersihkan kulitnya lebih dulu sebelum memasukkannya ke dalam kantung gula. Kelembaban kulit lemon akan melunakkan kerasnya tekstur gula merah.
  • Me-refresh Telenan
Karena pH lemon cukup rendah, maka lemon memiliki kandungan anti bakteri yang bisa mensterilkan talenan. Setelah dicuci, gosok permukaan talenan, diamkan beberapa menit, bilas.
  • Pengharum Ruangan
Cuaca panas? Masukkan saja potongan kulit lemon ke dalam sebuah wadah berisi air, dan didihkan perlahan dengan api kecil untuk melembabkan dan mengharumkan ruangan.
  • Membersihkan Tempat Cuci Piring
Metodenya tak jauh beda dengan saat membersihkan bahan khrom.
  • Mengilapkan Bahan Tembaga
Alat masak dari bahan tembaga bisa dibuat mengilap dengan menggosoknya menggunakan campuran setengah buah lemon, garam atau baking soda. Tinggal gosok, diamkan selama 5 menit, bilas dengan air hangat lalu keringkan.


2 thoughts on “Manfaat Manfaat dari buah Lemon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s